Jumat, 06 Juni 2014

ketahanan nasional



 Hi bro..........

Akhirnya kita ketemu lagi, setelah sekian lama tak jumpa!!!!!

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai KETAHANAN NASIONAL

Apa yang dimaksud dengan ketahanan nasional ?
Ketahanan nasional adalah kekuatan suatu bangsa dalam menghadapi tantangan dan ancaman yang berasal dari luar atau dalam yang dapat membahayakan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

Ketahanan nasional memiliki beberapa asas, yaitu:
- Asas kesejahteraan dan keamanan.
- Asas komperehensif integral.
- Asas mawas ke dalam dan ke luar.
- Asas kekeluargaan.

Dan juga Ketahanan nasional juga memiliki beberapa sifat sebagai berikut:
- Manunggal
- Kewibawaan
- Berubah menurut waktu
- Tidak membenarkan adu kekuatan dan kekuasaan

Tujuan Nasional Falsafah Bangsa dan Idiologi Negara
Tujuan nasional menjadi pokok pikiran ketahanan nasional karena sesuatu organisasi dalam proses kegiatan untuk mencapai tujuan akan selalu berhadapan dengan masalah-masalah internal dan eksternal sehingga perlu kondisi yang siap menghadapi
Pengaruh aspek ketahanan nasional pada kehidupan berbangsa dan bernegara

Ketahanan nasional dapat mempengaruhi beberapa aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu:
- Aspek ideologi
- Aspek politik
- Aspek ekonomi
- Aspek sosial budaya

Untuk mewujudkan keberhasilan ketahanan nasional diperlukan kesadaran setiap warga negara Indonesia, yaitu:

1.       Memiliki semangat perjuangan bangsa dalam bentuk perjuangan non fisik yang berupa keuletan dan ketangguhan yang tidak mengenal menyerah yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam rangka menghadapi segala ancaman, gangguan, tantangan dan hambatan baik yang datang dari luar maupun dari dalam, untuk menjamin identitas, integritas, kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mencapai tujuan nasional. 
2.      Sadar dan peduli terhadap pengaruh-pengaruh yang timbul pada aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan, sehingga setiap warga negara Indonesia baik secara individu maupun kelompok dapat mengeliminir pengaruh tersebut, karena bangsa Indonesia cinta damai  akan tetapi lebih cinta kemerdekaan. Hal itu tercermin akan adanya kesadaran bela negara dan cinta tanah air.

Apabila setiap warga negara  Indonesia memiliki semangat perjuangan bangsa dan sadar  serta peduli terhadap pengaruh yang timbul dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta dapat mengeliminir pengaruh-pengaruh tersebut, maka akan tercermin keberhasilan ketahanan nasional Indonesia. Untuk mewujudkan ketahanan nasional diperlukan suatu kebijakan umum dari pengambil kebijakan yang disebut Politik dan Strategi Nasional (Polstranas).




Pada video diatas dapat kita ketahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketahanan nasional, yaitu:
Anggaran pertahanan, jumlah penduduk suatu Negara, ancaman konvesional dan non konvesional, anggaran pertahanan Negara, kemampuan keuangan pemerintah, harga alutsista, jumlah personil system pertahanan, d.l.l. ancaman terhadap ketahanan bangsa Indonesia saat ini adalah penyadapan Australia terhadap Indonesia, hacker. Dengan semua ancaman tersebut, dapata kita cegah dengan cara tegakkan ham, sosialisasi tentang demokrasi, dan menegakan hukum.


demikian artikel dari saya, semoga bermanfaat bagi para pembaca.............
















SALAM BLORA MUSTIKA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


Nama : andiki febrian w. p.
kelas: 1id09
npm : 30413892

Tidak ada komentar:

Posting Komentar